5 Cara perpanjangan paspor online proses cepat dan mudah yang bisa dilakukan oleh jamaah ketika mau berangkat haji dan umroh. Dimana, pihak kementrian telah menyediakan aplikasi M-Paspor sebagai layanan pembuatan atau perpanjangan paspor secara online melalui handphone. Dengan kehadiran aplikasi tersebut sangat membantu masyarakat untuk membuat atau perpanjangan paspor tanpa harus menunggu antrian. Sehingga proses perpanjangan paspor tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

Merencanakan berangkat pergi ke baitullah untuk menjenjalankan ibadah haji maupun umroh, tentu jamaah harus membawa dokumen perjalanan secara lengkap yang menjadi sebuah persyaratan dalam meningkatkan kepercayaan dan keamanan serta kenyamanan disaat pergi ke mancanegara. Salah satu syarat untuk berangkat keluar negeri yang wajib dipersiapkan adalah paspor. Ini merupakan sebuah dokumen penting yang menjadi identitas diri selain dari kartu tanda penduduk.

Memiliki paspor tentu sangat bermanfaat bagi jamaah seluruh Indonesia yang menjadi dokumen penting disaat perjalanan keluar negari. Disamping itu, tujuan paspor ini memiliki fungsi sebagai data identitas disaat masuk ke bandara.

Maka dari itu, ketika kalian ingin pergi berangkat haji dan umroh bersama keluarga maupun sahabat, maka jamaah diwajibkan membawa paspor aktif. Jika sebelumnya kalian sudah memiliki paspor tetapi masa aktifnya sudah tidak berlaku, maka kalian harus perpanjangan paspor terlebih dahulu. Hal ini tentu membuat kalian akan lebih mudah dalam bepergian ke mancanegara.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Paspor Umroh 2022

Perpanjangan Paspor Online

Perpanjangan Paspor Online

Dijaman sekarang dengan teknologi yang semakin maju, membuat segala kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah, seperti perpanjangan pasporonline. Seperti yang telah diketahui, bahwa paspor adalah salah satu data identitas diri yang telah terdapat pada kantor imigrasi. Sehingga pada saat mau pergi keluar negeri, maka paspor tersebut sangat dibutuhkan.

Sebelum teknologi mau, dalam pembuatan maupun perpanjangan paspor hanya bisa dilakukan secara online datang langsung ke kantor imigrasi. Akan tetapi, setelah teknologi semakin berkembang, kini perpanjangan maupun pembuatan paspor dapat dilakukan secara online. Hal ini dapat memudahkan masyarakat warga negara Indonesia bisa pergi keluar negeri untuk tujuan tertentu.

Cara pembuatan paspor untuk berangkat pergi ke arab saudi maupun kerja diluar negeri kini sangat mudah didaftarkan. Ada 2 cara mendaftar pembuatan paspor yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yaitu melalui offline dan online. Kalian bebas mau menentukan yang mana dalam melakukan pengajuan perpanjangan paspor tersebut. Hal ini, tentu sangat membantu kalian agar tidak menunggu antrian dalam sebuah proses perpanjangan paspor yang akan dibuat.

Begitupun dengan umat islam yang mau berangkat haji dan umroh. Cara pembuatan paspornya pun sama yaitu bisa dilakukan dengan mudah melalui online atau datang langsung ke kantor imigrasi terdekat. Akan tetapi, bagi kalian yang tidak mau ngantri, maka kalian bisa membuat paspor secara online lewat handphone.

Lantas, bagaimana jika ingin perpanjang paspor? Jawabannya sama seperti pembuatan bisa dilakukan secara online maupun offline.

Baca Juga: 7 Syarat Buat Paspor Terbaru 2022

Cara Perpanjangan Paspor Online

5 Cara Perpanjangan Paspor Online Proses Cepat dan Mudah

Dalam melakukan perpanjangan paspor online kini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal download aplikasi M-Paspor, maka sudah bisa perpanjangan paspor. Cara perpanjangan paspor online lewat Android, yaitu:

Siapkan Dokumen Penting

Siapkan Dokumen Secara Lengkap

Cara perpanjangan paspor online yang harus disiapkan yaitu dengan menyiapkan dokumen penting yang menjadi salah satu persyaratan wajib dibawa. Adapun, persyaratan dalam perpanjangan paspor, yaitu, KTP, KK, Scan Foto, Ijazah, buku nikah dan sebagainya. Jadi, apabila kalian mau memperpanjang paspor secara online, maka kalian harus menyiapkan semua persyaratannya.

Disamping itu, tak lupa kalian juga harus menyimpan dokumen tersebut agar disaat kalian akan pergi ke kantor imigrasi tidak akan pusing.

Aplikasi M-Paspor

Download Aplikasi M-Paspor

Aplikasi M-paspor adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan cara perpanjangan paspor online. Hal ini sangat memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan paspor yang lebih cepat. Selain itu, kalian tidak perlu menunggu lebih lama ngantri di kantor imigrasi untuk mendapatkan paspor yang diinginkan.

Apabila kalian mau membuat atau perpanjangan paspor secara online, kalian bisa melakukannya lewat handphone Android. Jadi, jika kalian belum memiliki aplikasi tersebut, harus download terlebih dahulu lewat Playstore. Kemudian, silahkan daftar atau login sesuai akun yang kalian miliki untuk melakukan tujuan sesuai keinginan.

Isi Data Secara Lengkap

Isi Data Identitas Secara Lengkap

Adapun, cara perpanjangan paspor online yang harus kalian lakukan adalah mengisi data secara lengkap di aplikasi M-paspor, mulai nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan sebagainya. Isilah semua data secara lengkap jangan sampe ada yang salah agar proses pembuatan atau perpanjangan paspor baru cepat selesai.

Memilih Kantor Imigrasi

Kantor Imigrasi

Cara perpanjangan paspor online yang harus kalian perhatikan adalah memilih kantor imigrasi. Apabila kalian mau memperpanjang paspor secara online lewat aplikasi, maka kalian harus memiih kantor imigrasi yang sesuai dekat tinggal kalian agar memudahkan pada saat pembayaran dan mengambil paspor baru.

Lainnya

Masih banyak cara perpanjangan paspor online lainnya yang harus kalian persiapkan, diantaranya:

  • Jumlah Pemohon dalam perpanjangan paspor
  • Menyimpan bukti perpanjangan paspor yang berupa kode QR
  • Datanga ke kantor imgrasin didaerah dekat tinggal kalian yang telah dipilih
  • Menunjukan Bukti pendaftaran pada petugas imigrasi
  • Melakukan foto, pengambilan sidik jari, pemeriksaan dokumen,
  • Melunasi pembayaran perpanjangan paspor
  • Meninggu beberapa hari sampai paspor baru telah dibuat
  • Dll

Apabila kalian telah menyelesaikan semua isi data pendaftaran perpanjangan paspor, melunasi biaya, hingga memberikan berkas lainnya, maka kalian tinggal menunggu hasil paspor baru. Ini biasanya bisa membutuhkan waktu sampai 3 hari. Setelah itu, nanti kalian akan dihubungi oleh pihak imigrasi bahwa paspor baru telah selesai dibuat dan tinggal diambil.

Jadi, itulah pembahasan 5 cara perpanjangan paspor online proses cepat dan mudah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Apa itu Paspor Elektronik? Ini Penjelasan dan Kelebihannya