Berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh memang calon jamaah harus memiliki dokumen perjalanan sebagai data identitas diri. Dimana dokumen tersebut adalah paspor. Ini adalah salah satu tanda bukti data identitas diri yang bisa berangkat ke luar Negara seperti berangkat pergi ke arab Saudi. Lantas, bagaimana cara buat paspor? Yuk, simak pembahasan 4 cara membuat paspor online dengan mudah yang bisa dilakukan dengan sendiri melalui handphone.

Dalam pembuatan paspor tentu kini sangat mudah dilakukan dengan cepat. Dimana, pihak imigrasi telah menyediakan layanan pembuatan dan perpanjangan paspor yang bisa dilakukan oleh masyarakat secara online. Nama layanan tersebut adalah aplikasi M-Paspor.

Seperti yang telah sampaikan diatas, aplikasi M-Paspor itu adalah sebuah layanan pengajuan pemohon paspor yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperpanjang maupun membuat paspor secara online tanpa harus menunggu antrian.

Hal ini tentu sangat memudahkan masyarakat yang sedang membutuhkan paspor untuk dokumen perjalanan pada saat mau liburan keluar negeri. Selain itu, aplikasi M-paspor sangat aman dan nyaman dalam proses pengajuan permohonan paspor dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, walaupun telah mengajukan permohonan pembuatan paspor secara online, masyarakat tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk menyelesaikan pembuatan paspor, seperi memberikan berkas persyaratan, wawancara, foto, hingga membayar biaya pembuatan paspor tersebut.

Lalu, bagaimana cara pembuatan paspor online tersebut?

Baca Juga: 7 Syarat Buat Paspor Terbaru 2022

Cara Membuat Paspor Online

4 Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Apabila anda mau membuat paspor untuk dokumen perjalanan berangkat pergi ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh, maka kalian bisa ikuti langkah-langkah dalam pembuatannya. Berikut ini, 7 cara membuat paspor online di aplikasi M-Paspor melalui handphone, yaitu:

Aplikasi M-Paspor

Download Aplikasi M-Paspor

Pertama, cara membuat paspor online yaitu download aplikasi M-Paspor di handphone. Silahkan, kalian buka handphone, kemudian pilih google playstore. Lalu, ketik M-Paspor, dan klik aplikasi tersebut.

Apabila, kalian sudah menekan tombol install, tunggu beberapa saat sampai download telah selesai. Kemudian, dilanjukan mendaftar akun bagi yang belum pernah membuat paspor sebelumnya.

Daftar Akun

Daftar Akun M-Paspor

Kedua, cara membuat paspor online berikutnya adalah daftar akun. Setelah selesai download aplikasi M-paspor, silahkan buka aplikasi tersebut. Kemudian klik daftar akun dan silahkan isi kolom yang telah disediakan, mulai nama lengkap, alamat email dan sebagainya.

Isi nama dan email dengan benar untuk memudahkan proses pembuatan paspor. Apabila sudah selesai mendaftar, nanti ada pemberitahuan aktifkan verifikasi melalui email yang telah didafarkan. Kemudian, klik link aktifkan verifikasi. Jika telah selesai, maka anda sudah berhasil membuat akun m-paspor.

Akan tetapi, apabila kalian sudah memiliki akun sebelumnya, maka kalian tidak perlu lagi mendaftar akun, cukup hanya dengan login saja dengan memasukan email dan password yang sesuai dengan email yang telah didafarkan sebelumnya.

Isi Identitas Diri

Isi Data Identitas Secara Lengkap

Ketiga, cara membuat paspor online Langkah selanjutnya tak lain mengisi identias diri dengan benar dan lengkap. Dimana, kalian harus memasukan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat dan lainnya didalam kolom yang telah disediakan.

Setiap kolom harus diisi dengan benar agar tidak salah pada saat proses pembuatan paspor baru yang akan dilakukan oleh petugas dari imigrasi. Oleh karena itu, lengkapilah data identitas diri dengan benar dan harus fokus. Karena, jika terjadi kesalahan dalam mengisi formulir tentu kalian harus mengulang daftar kembali.

Pilih Kantor Imigrasi Terdekat

Kantor Imigrasi

Adapun, cara membuat paspor online di hanpdhone melalui aplikasi M-paspor yaitu pilih kantor imigrasi erdekat. Hal ini untuk memudahkan para pengguna bisa memilih kantori imgrasi yang akan dituju. Oleh karena itu, pada saat anda mau membuat paspor di aplikasi M-Paspor maka pilih kantor imigrasi terdekat sesuai tempat tinggal kalian untuk memudahkan proses penyelesaian pembuatan paspor baru dengan cepat.

Jumlah Pemohon dan Jadwal Waktu

Selain memilih kantor imgrasi, cara membuat paspor online yang harus kalian bisa isi adalah Mengisi jumlah pemohon dan jadwal waktu untuk kedatangan didalam formulir pendaftaran M-Paspor harus diisi dengan lengkap. Pasalnya, pembuatan paspor secara online dengan mengisi data, tentu harus lengkap, seperti jika kalian ingin mengajukan pemohon paspor sebanyak 2 orang. Maka, kalian harus menambahkan nama-nama orang tersebut.

Selain itu, atur jadwal waktu dimana kalian akan membuat paspor ke kantor Imigrasi. Sehingga nanti kalian dilayani dalam waktu cepat dan tidak menunggu antrian. Bila kalian tidak datang tepat waktu, maka kalian harus mengulang kembali atau bisa datang langsung ke kantor imigrasi.

Simpan Bukti Pendaftaran Kode QR

Simpan bukti pendaftaran kode QR merupakan salah satu bagian cara membuat paspor online melalui aplikasi M-Paspor di smarphone. Dimana, kode QR tersebut akan bermanfaat sebagai bentuk bahwa kalian sudah mendaftar pengajuan pembuatan paspor tanpa harus menunggu antrian.

Kode QR ini akan didapatkan setelah kalian menyelesaikan proses pembuatan paspor secara online melalui aplikasi M-Paspor. Jadi, nanti kalian tinggal memberikan dokumen dan kode QR tersebut kepada petugas imigrasi untuk diproses lebih lanjut dalam pembuatan paspor tersebut.

Kunjungi Kantor Imigrasi

Cara membuat paspor online yang terakhir adalah kunjungi kantor imigrasi di daerah tempat tinggal. Ini merupakan salah satu rangkaian terakhir dalam pembuatan paspor. Jadi, setelah kalian sudah selesai mendaftar pembuatan paspor di M-Paspor, maka kalian datang ke kantor imgirasi untuk menyelesaikan proses pembuatan paspor baru dengan memberikan kode QR dan persyaratan lainnya.

Selain itu, nantinya kalian akan diwawancara oleh petugas imigrasi dan melakukan potret foto untuk kebutuhan paspor tersebut.

Nah, itulah 4 cara membuat paspor online dengan mudah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: 5 Cara Perpanjangan Paspor Online Proses Cepat dan Mudah